Sistem penjaminan mutu internal adalah penjaminan mutu yang dilakukan oleh institusi perguruan tinggi yang bersangkutan dengan berpedoman dan berlandaskan pada peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah. Universitas Negeri Padang memiliki Pusat Penjaminan Mutu di tingkat universitas yang memiliki perpanjangan tangan ke tingkat fakultas yaitu Gugus Penjaminan Mutu. Gugus Penjaminan Mutu mengkoordinir Unit Penjaminan Mutu yang berada di tingkat Program Studi. GPM ditetapkan oleh Rektor bertugas selama 4 tahun. Susunan GPM Fakultas Bahasa dan Seni UNP dibentuk dengan SK Rektor Universitas Negeri Padang No. 123/UN.35/KP/2020 tentang Penetapan dan Penunjukan Tim Gugus dan Unit Penjaminan Mutu Selingkungan Universitas Negeri Padang Tahun 2020. Tim ini bertugas dari 2020-2023. Tim Gugus Penjaminan Mutu (GPM)
- Ketua GPM FBS: Dr. Tressyalina, S.Pd., M.Pd.
Tim Unit Penjaminan Mutu (Anggota)
- 1. Yetty Zainil, M.A, Ph.D. (UPM Prodi Ilmu Keguruan Bahasa/S3)
- 2. Dr. Hamzah, M.A., M.M. (UPM Prodi Pend. Bahasa Inggris/S2)
- 3. Dr. Amril Amir, M.Pd. (UPM Prodi Pend. Bahasa Indonesia/S2)
- 4. Dewi Anggraini, S.Pd., M.Pd. (UPM Prodi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia/S1)
- 5. Nesa Riska Pangesti, S.S., M.A (UPM Prodi Sastra Indonesia/S1)
- 6. Marlini, S.IPI., M.LIS. (UPM Prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi/S1)
- 7. Gustina Erlianti, S.Hum., M.IP. (UPM Prodi Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan/D3)
- 8. Yati Aisya Rani, S.Pd., M.Pd. (UPM Prodi Pend. Bahasa Inggris/S1)
- 9. Delvi Wahyuni, S.S., M.A. (UPM Prodi Sastra Inggris/S1)
- 10. Damai Yani, S.Hum., M.Hum. (UPM Prodi Pend. Jepang/S1)
- 11. Drs. Suib Awrus, M.Pd. (UPM Prodi Pend. Seni Rupa/S1)
- 12. Dini Faisal, S.Ds., M.Ds. (UPM Prodi Desain Komunikasi Visual/S1)
- 13. Drs. Tulus Handra, M.Pd. (UPM Prodi Pend. Sendratasik/S1)
- 14. Robby Ferdian, S.Sn., M.Sn. (UPM Prodi Pend. Musik/S1)
- 15. Dr. Yuliasma, M.Pd. (UPM Prodi Pend. Tari/S1)
GPM/UPM FBS UNP memiliki tugas sebagai berikut :
- 1. Melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi mutu akademik di tingkat Fakultas
- 2. Melaksanakan kegiatan penjaminan mutu untuk Program diploma, sarjana, magister dan doktor
- 3. Melaksanakan penyempurnaan dokumen Standar Penjaminan Mutu
- 4. Menyusun dokumen penjaminan mutu
Dokumen dan borang Penjaminan untuk menunjang kegiatan penjaminan mutu adalah sebagai berikut:
- Paparan Standar Nasional Pendidikan Tinggi
- Kebijakan Mutu UNP
- Manual Mutu UNP
- Standar Mutu UNP
- Standar Operasional Prosedur UNP
- Standar mutu pendidikan, penelitian & pengabdian
- Sasaran mutu
- Audit Mutu Internal
- Evaluasi dosen dan proses belajar mengajar
- Borang Monitoring dan Evaluasi PBM
- Borang Monitoring dan Evaluasi Fasilitas PBM Per Ruangan
- Laporan Evaluasi PBM UNP Jan-jun 2018
- Laporan Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Akademik 2017
Instrumen penjaminan mutu FBS UNP:
- Evaluasi Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran FBS UNP 2016-2020
- Evaluasi Kepuasan Mahasiswa FBS UNP
- Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi
- Evaluasi Kinerja Dosen FBS UNP
- Evaluasi Kinerja Lulusan FBS UNP
- Tracer Study Alumni FBS UNP
Standar Pelayanan
- STANDAR PELAYANAN
- Standar Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN UNP
- Standar Pelayanan Surat Keterangan Pengganti Ijazah/Transkrip Nilai yang Hilang/Rusak/Kesalahan Data UNP
- Standar Pelayanan Kerjasama Universitas Negeri Padang
- Standar Pelayanan Universitas Negeri Padang Informasi Publik
- Standar Pelayanan Sewa Barang Milik Negara (spesifik)
- Standar Pelayanan Kartu Keanggotaan Perpustakaan UNP
- Standar Pelayanan Peminjaman Buku Bahan Pustaka Perpustakaan UNP
- Standar Pelayanan Universitas Negeri Padang Kursus Bahasa Inggris
- Standar Pelayanan Universitas Negeri Padang Test TOEFL Prediction
- Standar Pelayanan Penerjemah Universitas Negeri Padang
- Standar Pelayanan Legalisir Ijazah, Transkrip Nilai dan SKPI Universitas Negeri Padang
- Standar Pelayanan Pengujian Laboratorium UNP
- Standar Pelayanan Pindah Mahasiswa Antar PTN UNP
- Standar Pelayanan Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNP
- Standar Pelayanan Cuti Kuliah UNP
- Standar Pelayanan Aktif Kuliah Kembali UNP
- Standar Pelayanan Kesehatan Mahasiswa UNP
- Standar Pelayanan Publikasi Ilmiah Dosen UNP
- Standar Pelayanan Penelitian Mahasiswa UNP
- Standar Pelayanan Asrama Mahasiswa UNP
- Standar Pelayanan Wisuda UNP
- Standar Pelayanan Sertifikasi Dosen UNP Sebagai Pengusul
- Standar Layanan Praktek Lapangan Kependidikan Mahasiswa UNP
- Standar Penerbitan Jurnal Ilmiah UNP
- Standar Pelayanan Surat Keterangan Lulus UNP
- Standar Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) UNP
- Standar Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Asing UNP
- Standar Pelayanan Permohonan Pengurangan UKT UNP
- Standar Pelayanan Rekomendasi Ujian Akhir Mahasiswa UNP
- Standar Pelayanan Akreditasi Prodi UNP
- Standar Pelayanan Pengaduan UNP
- Standar Pelayanan Beasiswa UNP
- Maklumat Pelayanan
- SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik
- SOP Pengajuan Keberatan Pelayanan Informasi Publik
- SOP Penanganan Sengketa Informasi Publik
- SOP Penetapan dan Pemutakhiran DIP
- SOP Uji Konsekuensi Informasi Publik
- SOP Pendokumentasian Informasi Publik
- SOP Pendokumentasian Informasi yang dikecualikan
- Survey Kepuasan Pelanggan
- SOP Layanan Pembuatan NIM
- SOP Layanan Pembuatan Kalender Akademik
- SOP Layanan Evaluasi Perkuliahan
- SOP Layanan Monitoring Perkuliahan
- SOP Layanan Buku Pedoman Akademik
- SOP Layanan Pembuatan SK Rektor
- SOP Layanan Penyusunan Proker Akademik
- SOP Layanan Portal Akademik
- SOP Layanan Portal SIE
- SOP Layanan Portal Sistem Informasi Keuangan
- SOP Layanan Semester Pendek
- SOP Layanan Surat Akademik
- SOP Layanan Surat Izin Penelitian
- SOP Penerimaan Mahaisiswa Baru
- SOP Prosedur dan Diagram Alir Kenaikan Jabatan Akademik Dosen ke Asisten Ahli dan Lektor
- SOP Prosedur dan Diagram Alir Kenaikan Jabatan Akademik Dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar
- SOP Pembuatan Surat Tugas
- SOP Pengajuan Cuti Bagi PNS
- SOP Pengajuan Kenaikan Gaji Berkala