FBS Research Talk Series Kenalkan Penelitian Korpus: Dari Manual ke Digital

FBS Universitas Negeri Padang - Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang menggagas acara bertajuk talkshow dengan nama FBS Research Talk Series pada Kamis (13/4) 2023. Kegiatan ini merupakan talkshow ilmiah yang menghadirkan peneliti dari Universitas Negeri Padang dan luar UNP untuk menggali peluang dan trend penelitian terbaru yang dapat dilakukan dalam bidang bahasa dan seni.

Pada seri perdana ini, FBS UNP menghadirkan Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. Peneliti yang aktif menggagas dan menyediakan sarana untuk penelitian berbasis digital dalam bidang linguistik dengan analisis korpus linguistik, Prof. Ermanto memaparkan cara kerja dan proses input serta pengolahan data dengan aplikasi Kortara yang dikembangkan Prof. Ermanto bersama tim.

Penggunaan korpus digital yang tersedia di Kortara (Korpus Nusantara) memberi peluang kemudahan bagi para peneliti humaniora, baik linguistik maupun sastra, termasuk ilmu komunikasi. Prof Ermanto memberikan beberapa contoh penerapan Korpus digital yang dikembangkan untuk penelitian.

Kortara sendiri juga memberi jawaban kepastian data yang selama ini sering tidak dapat dibuktikan secara empiris dalam kajian linguistik. "Kita dapat menampilkan frekuensi penggunaan kata dan konteksnya dalam kalimat sehingga tidak lagi pakai spidol atau stabila dalam mengidentifikasi data"ujar Prof Ermanto.

Sementara Dr. Sawirman, M.Hum. mengapresiasi lahirnya aplikasi Kortara yang telah menjawab kesulitan peneliti linguistik dengan waktu yang sangat singkat untuk korpus tertentu. Hal ini tentu kemajuan yang sangat signifikan yang dilakukan FBS UNP yang dapat menutupi kelemahan mesin analisis korpus sebelumnya. Hal ini dapat dimanfaatkan peneliti dari seluruh Indonesia bahkan dunia. Ia juga bertanya peluang peneliti untuk menggunakan korpus yang belum tersedia di Kortara.

Dalam penjelasan tambahan Prof Ermanto menyampaikan bahwa Kortara memberi kesempatan semua pengguna untuk berkontribusi dalam penyedian naskah yang akan di analisis. Misalnya bahasa daerah dapat dikirim ke pengelola sehingga nantinya dapat dioleh dengan aplikasi Kortara.

Dalam sambutannya Wakil Dekan I FBS UNP, menyampaikan bahwa FBS Research Talk Series ini akan hadir setiap bulan dengan narasumber para peneliti di lingkungan FBS UNP dan akan tayang di Youtube di FBS UNP TV. Ia juga berharap program ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi dosen dan mahasiswa dalam penelitian.