Inovasi Pelayanan

Dalam mewujudkan pelayanan TERBAIK, FBS UNP senantiasa melakukan inovasi pelayanan yang terus dikembangkan dari hari ke hari mengikuti perkembangan dan kondisi sumber daya.

Sejak 2020 hingga 2023 beragam inovasi pelayanan yang telah dikembangkan dapat ditampilkan sebagai berikut.

1. Pengelolaan Pendaftaran dan Rekomendasi Dosen Pembimbing Lapangan MBKM secara online

Sebelum dibuat inovasi ini, proses pembuatan Surat Rekomendasi dilakukan dari Dosen ke Kepala Departemen kemudian dikirim ke Dekan. Surat akan didisposisi oleh Sekretaris Dekan dan kemudian dekan mendisposisi ke Wakil Dekan I. Dari Wakil Dekan I ke Kepala Bagian Umum. Dari Kabag Umum diteruskan ke Administrasi Akademik untuk dibuatkan surat. Surat kemudian diperiksa Kabag Umum, ke WD, baru ditandatangani Dekan. Kemudian diambil dosen untuk dikirim ke sistem MBKM.

Setelah Inovasi, dosen langsung mengisi form diperiksa secara online oleh Kabag, dicetak dan diparaf Wakil Dekan I kemudian ditandatangani Dekan. Softfile dikirimkan langsung ke Dosen untuk diupload ke sistem MBKM. Proses ini dilakukan melalui link berikut.

Link Form

 

2. Pengajuan Halaman Pengesahan Program Kampus Mengajar

Laporan Kegiatan Kampus Mengajar (KM) dilakukan oleh mahasiswa mengikuti Program KM. Mahasiswa berada di berbagai daerah di Indonesia. Sementara mereka harus memperoleh tanda tangan dekan saat mengupload laporan ke Sistem MBKM yang dikelola kementerian. Beberapa mahasiswa kembali ke Kota Padang untuk meminta tanda tangan dekan. Untuk itu, FBS mengembangkan Inovasi Pelayanan agar mahasiswa dapat mengupload halaman pengesahannya setelah ditandatangani dan ditandani oleh Dekan. Inovasi ini memudahkan mahasiswa tanpa harus datang ke kampus.