FBS Universitas Negeri Padang Gelar Sosialisasi Beasiswa dan Kewirausahaan

FBS Universitas Negeri Padang Gelar Sosialisasi Beasiswa dan Kewirausahaan

Padang - fbs.unp.ac.id Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang bekerja sama dengan Mien R. Uno Foundation menggelar Sosialisasi Beasiswa dan Kewirausahaan. Kegiatan yang berlangsung di Auditorium FBS UNP dihadiri mahasiswa dan calon wisudawan FBS UNP pada Jumat (8/3).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan I, Dr. Havid Ardi, S.Pd., M.Hum. yang menyampaikan bahwa kegiatan diangkat sebagai usaha untuk mencapai Indikator Kinerja Utama 1, terkait lulusan yang bekerja, studi lanjut, dan berwirausaha. Oleh karena itu FBS UNP menghadirkan 3 narasumber, Alfi Nusrotin (Penerima Beasiswa ENVOY 2023, mahasiswa Sendratasik 2020), Miftahul Jannah, S.Pt. (Penerima Beasiswa PMDSU), Dr.Phil. Salam Mairi, S.Pd., M.Sc. (Penerima Beasiswa IASP, Dosen FBS UNP).

Dalam kegiatan ini turut hadir Suryani Indah Sari, Direktur Eksekutif Mien R. Uno Foundation (MRUF) secara online. Ia menyampaikan MRUF merupakan sebuah yayasan yang berkomitmen untuk memajukan ekonomi inklusif dan berfokus pada pemberdayaan anak muda, perempuan, dan disabilitas. 

Kami berupaya menciptakan kesetaraan dalam lingkungan ekonomi melalui berbagai pendidikan kewirausahaan berupa pelatihan dan konsultasi kewirausahaan, pameran usaha, serta pemberdayaan masyarakat. Ia menyebutkan bahwa Alfi merupakan salah satu penerima beasiswa Envoy tahun 2023. "Nanti Alfi akan menjelaskan MRUF dan ENVOY lebih jauh," tutupnya.

Sementara, Alfi dalam paparannya menjelaskan kegiatan MRUF Foundation dan beasiswa ENVOY. Ia menceritakan manfaat, kegiatan, dan berbagai proses yang dilakukan agar dapat meraih beasiswa ENVOY. Ia memberikan beberapa mahasiswa alumni ENVOY yang berwirausaha. Alfi sendiri merupakan mahasiswa UNP pertama penerima beasiswa ENVOY.

Kemudian, Miftah yang saat ini sedang melaksanakan program Doktor menjelaskan bahwa beasiswa PMDSU melingkupi berbagai kampus. Ia menyebutkan bahwa UNP termasuk penerima PMDSU S1-S3 bersama Unand, UPI, dll. Miftah juga menjelaskan tip dan trik mengikuti seleksi beasiswa.

Kegiatan ini berlangsung secara interaktif ini dilaksanakan secara hibrid yang dihadiri mahasiswa dan calon wisudawan. Dr. Havid Ardi menutup kegiatan ini dengan apresiasi atas pencerahan yang diberikan oleh narasumber hebat. Ia juga berharap agar calon wisudawan dapat melihat berbagai peluang seperti bekerja, berwirausaha, maupun studi lanjut.