Persiapkan Akreditasi FIBAA, FBS Hadiri Workshop Akreditasi Internasional

This image has an empty alt attribute; its file name is whatsapp-image-2023-05-11-at-08.22.411-1.jpeg

Yogyakarya - fbs.unp.ac.id, Dalam mempersiapkan pengajuan 2 program studi dalam akreditasi internasional, FIBAA, FBS UNP utus Wakil Dekan I, Dr. Havid Ardi, M.Hum. menghadiri workshop Akreditasi Internasional yang diselenggarakan FIBAA di Universitas Islam Sunan Kalijaga pada 11-13 Mei 2023.

Dalam workshop ini, UNP pengirim 6 utusan yang dipimpin oleh Sekretaris Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) Dr. rer. nat. Deski Beri, M.Si., dan Dr. Ulfi Rahmi, M.Pd. Tim BPMI, serta masing-masing satu utusan yaitu Dr. Havid Ardi, M.Hum. (FBS), Dr. Zikri Alhadi, S.IP., M.Hum. (FIS), Dr. Masrun, (FIK), dan Dr. Marwan (FE). Pelatihan yang diberikan tim FIBAA oleh Mag.ª Diane Freiberger dan Viktoria Dermanowski terkait penyusunan Self Evaluation Report.

FBS UNP mempersiapkan Prodi Sastra Indonesia dan Sastra Inggris untuk mengikuti Akreditasi Internasional FIBAA yang masuk satu cluster bersama prodi lain di UNP. Saat ini UNP telah mengirimkan kontrak untuk beberapa prodi di FBS, FIS, FE, FIK.

Lembaga Akreditasi Internasional FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) merupakan lembaga atau Badan Akreditasi di Eropa yang diakui di berbagai negara di dunia. Lembaga ini berorientasi internasional untuk penjaminan dan pengembangan kualitas dalam pendidikan tinggi dan telah diakui oleh Direktorat Jenderal Tinggi Kemendikbud Ristek RI, sesuai dengan Keputusan Mendikbud Ristek RI No. 83/P/2020 tentang Lembaga Akreditasi Internasional.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan external benchmarking terkait pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal di UINSK. Dalam studi dipelajari juga bagaimana sistem pelaksanaan SPMI di UINSK dan pemerolehan Rekor MURI sebagai pemegang Akreditasi Internasional FIBAA terbanyak di Indonesia.