Featured

Tim Dosen FBS Universitas Negeri Padang Lakukan Kegiatan Pengabdian di Pesisir Selatan

Tim Dosen FBS Universitas Negeri Padang Lakukan Kegiatan Pengabdian di Pesisir Selatan.

Tim Dosen FBS Universitas Negeri Padang yang terdiri atas Marlini, S.IPI., MLIS sebagai Ketua Tim dan anggota Dra. Emidar, M.Pd. serta Zulfikarni, M.Pd. melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat selama dua hari (30-31/5) bertempat di Hitel Triza, Painan, Pesisir Selatan.

Kegiatan pengabdian dosen FBS Universitas Negeri Padang tersebut merupakan Program Kemitraan Masyarakat tentang Manajemen Kearsipan dalam Menunjang Akuntabilitas Sekolah bagi Tenaga Kependidikan SMA/SMK/SLB Se-Cabdin Wilayah VII Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat tersebut dibuka oleh Kepala Cabdin Wilayah VII Provinsi Sumatera Barat, Mahyan, S.Pd., M.M. dan dihadiri oleh Kasubag Kepegawaian Cabdin Wilayah VII, Kasi SMA Cabdin Wilayah VII, Kasi SMK, SLB Cabdin Wilayah VII, dan Ketua MKKS SMA Kabupaten Pesisir Selatan.

Pada kesempatan itu, Marlini, S.IPI., MLIS sebagai Ketua Tim kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari FBS Universitas Negeri Padang menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 39 peserta dari sekolah SMA/ SMK/SLB Se-Cabdin Wilayah VII Provinsi Sumatera Barat.

"Tujuan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah untuk meningkatkan peran arsip dalam penyelenggaraan administrasi sekolah dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sasaran program kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas pengelolaan arsip di Dinas Pendidikan Cabang Wilayah VII Provinsi Sumatera Barat sesuai dengan kaidah kearsipan dan peraturan perundang-undangan," jelas Marlini, S.IPI., MLIS.

Lebih lanjut kata Marlini, S.IPI., MLIS., dalam kegiatan ini dipecahkan permasalahan secara tuntas mulai dari penulisan dan pengelolaan surat dinas, penataan dan pemberkasan arsip.

Selain itu, Mahyan Kepala Cabdin Wilayah VII Provinsi Sumatera Barat, Mahyan, S.Pd., M.M. mengucapkan terima kasih kepada Universitas Negeri Padang atas kerja sama ini dan mengharapkan kegiatan ini dapat berlanjut pada masa yang akan datang.

"Kegiatan PKM ini diharapkan dapat menguatkan kemampuan tata usaha kami di Cabdin wilayah VII Provinsi Sumatera Barat. Pada saat ini di samping guru profesional, tenaga kependidikan sangat penting untuk mendukung kegiatan sekolah. Salah satu program kami di Cabdin Wilayah VII difokuskan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Saya sangat meyakini SDM perlu dikuatkan baik dari segi guru maupun tenaga kependidikan," tambah Kepala Cabdin Wilayah VII Provinsi Sumatera Barat, Mahyan, S.Pd., M.M. (ET)