Featured

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Bahas Magang ke Jepang dengan LPK Fujisan Indonesia

Padang, fbs.unp.ac.id - LPK Fujisan Indonesia yang dipimpin oleh Nakagawa Tomohisa didampingi Sri Novita mengujungi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Departemen Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP untuk membahas kerjasama internship ke Jepang pada hari Selasa (14/6). Dalam pertemuan ini dihadiri Wakil Dekan I, Dr.Havid Ardi, M.Hum., Kepala Departemen, Desvalini Anwar, Ph.D. dan Dosen Prodi Pend. Bahasa Jepang, Maulludul Haq, S.Hum. M.Arts.

LPK Fujisan Indonesia yang berpusat di Cengkareng Barat, Jakarta Barat, Indonesia membahas peluang kerjasama program Internship mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNP ke Jepang, khususnya di bidang Perhotelan (Hotel/Ryokan). Durasi waktu internship atau magang direncanakan antara 6 bulan hingga 1 tahun tergantung program yang ada.

Mr. Nakagawa menjelaskan bahwa persyaratan kemampuan bahasa Jepang setara dengan JLPT N3, tetapi tidak tertutup kemungkinan bagi mahasiswa yang baru memiliki JLPT N4. Jadi, setiap mahasiswa Bahasa Jepang yang dapat mengikuti kegiatan internship tersebut. LPK Fujisan akan mengakomodir program yang bisa diikuti mahasiswa berdasarkan level kemampuan.

Lebih lanjut Mr. Nakagawa menyampaikan bahwa mahasiswa yang lolos seleksi magang ke Jepang nantinya hanya dibebani biaya persiapan, seperti pembuatan passport, visa, medical check-up, dan pengurusan dokumen. Sementara biaya keberangkatan akan ditanggulangi LPK. Juga disampaikan peluang honor magang selama di Jepang.

Wakil Dekan I FBS UNP, Dr. Havid Ardi, M.Hum. menyambut baik kerjasama antara Program studi dengan LPK Fujisan sebagai penyalur dan tempat kerja di Jepang. Ia berharap pihak LPK dapat merinci kompetensi yang akan diperoleh selama kegiatan magang sehingga nantinya mahasiswa yang ikut dapat diakui sebagai kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dengan demikian kegiatan internship mahasiswa di Jepang dapat dikonversikan atau direkognisi ke dalam kredit semester.

Pembahasan ini kerjasama ini dipimpin oleh Kepala Departemen, Desvalini Anwar, Ph.D. yang berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Sebagai mahasiswa program bahasa Jepang, pengalaman ke negara berbahasa Jepang tersebut akan banyak berkontribusi pada penguasaan bahasa Jepang.