Featured

Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FBS UNP Adakan Lokakarya Pengembangan RPS

Padang, fbs.unp.ac.id - Dosen Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang mengikuti kegiatan Lokakarya Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pada Kamis (7/7) yang bertempat di Ruang Sidang FBS Kampus UNP Air Tawar Padang.

Pada kesempatan itu, Kepala Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah yang diwakili oleh Sekretaris Departemen Muhammad Ismail, S.S., M.A. menyampaikan bahwa lokakarya ini sangat penting untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dalam kerangka peningkatan layanan kualitas kepada mahasiswa.

"Beberapa tahun terakhir ini, kita terus merevitalisasi perkuliahan melalui Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan perlu pembelajaran berbasis proyek dan metode kasus," tambah Muhammad Ismail, S.S., M.A.

Kegiatan Lokakarya yang diikuti oleh dosen-dosen Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah tersebut menghadirkan Wakil Dekan I, Dr. Havid Ardi, M.Hum. sebagai narasumber lokakarya tersebut.

Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. dalam sambutannya ketika membuka kegiatan lokakarya tersebut menyampaikan revitalisasi RPS sangat penting untuk meningkatkan kualitas perkuliahan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi digital yang terus berlangsung.

"Lokakarya ini juga sangat penting untuk mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama program studi khususnya pelaksanaan perkuliahan yang berbasis proyek dan metode kasus," tambah Prof. Ermanto.

Lebih lanjut kata Prof. Ermanto, untuk peningkatan kualitas departemen dan program studi, pada tahun ini Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mendapatkan Program Kompetisi Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek RI dengan anggaran yang cukup besar.

"Untuk itu, dosen diharapkan dapat mendukung pelaksanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia demi meningkatkan kualitas dan manajemen Program Studi di Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah," tambah Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. (MR)