Featured

Tim Pengabdian Dosen FBS UNP bersama Pengurus MGMP Bukittinggi Persiapkan Pelaksanaan PKM

Padang, fbs.unp.ac.id - Tim pengabdian kepada masyarakat dosen Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang bersama Pengurus MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Bukittinggi melakukan rangkaian pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2022. Kegiatan dalam bentuk Diskusi Kelompok Terpumpun mematangkan pelaksanaan PKM tersebut dilaksanakan pada Selasa dan Rabu (9-10/8) bertempat di Hotel Universitas Negeri Padang, Air Tawar.

Demikian disampaikan oleh Ketua Pelaksana PKM dosen FBS Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. didampingi anggota Zulfadli, S.S., M.A., Dini Faisal, M.Ds., dan Ketua dan Pengurus MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Bukittinggi bertempat di Kampus UNP Air Tawar Padang pada Rabu (10/8) pagi ini.

Lebih lanjut Prof. Ermanto menyampaikan bahwa kegiatan PKM ini didanai oleh DRTPM Kemdikbudristek dan kegiatan PKM ini berjudul "Pelatihan Pengembangan Video Belajar Berbasis Teknologi untuk Mendukung Proses Pembelajaran Digital bagi Guru-Guru SMP Kota Bukittinggi"

Dalam pertemuan tim PKM bersama pengurus MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Bukittinggi telah dimatangkan kegiatan pengabdian dalam bentuk pelatihan untuk mengatasi permasalahan mitra (organisasi MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Bukittinggi, Sumatera Barat) untuk meningkatkan keterampilan yang memadai untuk membuat video belajar yang baik sesuai kebutuhan pembejalaran.

"Pada masa pandemi dan pascapandemi Covid-19 dan perkembangan teknologi digital masa kini dan perspektif masa depan, pembelajaran daring dan pemanfaaatan video belajar secara digital perlu digunakan," jelas Prof. Ermanto.

Pada kesempatan itu, Prof. Ermanto menyampaikan solusi yang diperlukan adalah kegiatan pelatihan dan pendampingan membuat video belajar digital melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat ini.

"Hal itu perlu dilakukan karena pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN Kota Bukittingg dapat mencapai hasil yang maksimal dengan pemanfaatan media digital baik pada masa pandemi Covid-19 maupun pada masa kemajuan teknologi digital dalam perpektif masa dating," tambah Prof

Prof. Ermanto menyampaikan bahwa keterampilan IPTEK yang diterapkan adalah guru-guru anggota MGMP Bahasa Indonesia Kota Bukittinggi terampil membuat video belajar digital dengan peralatan yang ada yakni memanfaatkan telepon seluler berbasis android dan laptop yang dimiliki guru. (MR)