Featured

Tim Pengabdian FBS UNP Latih Guru Bahasa Indonesia SMP Bukittinggi Membuat Video Pembelajaran

Bukittinggi, fbs.unp.ac.id - - Tim pengabdian kepada masyarakat dosen Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang yang diketuai oleh Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. dengan anggota Zulfadli, S.S., M.A., Dini Faisal, M.Ds. melakukan kegiatan pelatihan membuat video pembelajaran yang diikuti oleh guru-guru Bahasa Indonesia SMP Kota Bukittinggi.

"Kegiatan pelatihan tahap pertama ini dilaksanakan pada 15 hingga 16 Agustus yang bertempat di SMPN 2 Kota Bukittinggi. Kegiatan PKM ini didanai oleh DRTPM Kemdikbudristek dan kegiatan PKM ini berjudul Pelatihan Pengembangan Video Belajar Berbasis Teknologi untuk Mendukung Proses Pembelajaran Digital bagi Guru-Guru SMP Kota Bukittinggi," jelas Prof. Ermanto ketika membuka kegiatan pada Senin (15/8) di SMPN 2 Kota Bukittinggi.

Lebih lanjut, Prof. Ermanto menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan kerja sama Tim Dosen FBS Universitas Negeri Padang dengan Pengurus MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Bukittinggi yang dirancang sejak penyusunan proposal dilanjutkan dengan persiapan lapangan di Kota Bukittinggi dan Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD) persiapan pelaksanaan di Hotel UNP Air Tawar Padang beberapa waktu lalu.

"Sekarang adalah pelatihan pertama membuat video pembelajaran yang diikuti oleh anggota MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Bukittinggi dan selanjutnya nanti dilaksanakan pelatihan yang kedua yang bertujuan untuk memaksimalkan keterampilan peserta," tambah Prof. Ermanto.

"Pada masa pandemi dan pascapandemi Covid-19 dan perkembangan teknologi digital masa kini dan perspektif masa depan, pembelajaran daring dan pemanfaaatan video belajar secara digital perlu digunakan," jelas Prof. Ermanto.

Pada kesempatan itu, Prof. Ermanto menyampaikan solusi yang diperlukan adalah kegiatan pelatihan dan pendampingan membuat video belajar digital melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat ini.

"Hal itu perlu dilakukan karena pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN Kota Bukittingg dapat mencapai hasil yang maksimal dengan pemanfaatan media digital baik pada masa pandemi Covid-19 maupun pada masa kemajuan teknologi digital dalam perpektif masa dating," tambah Prof Ermanto

Prof. Ermanto menyampaikan bahwa keterampilan IPTEK yang diterapkan adalah guru-guru anggota MGMP Bahasa Indonesia Kota Bukittinggi terampil membuat video belajar digital dengan peralatan yang ada yakni memanfaatkan telepon seluler berbasis android dan laptop yang dimiliki guru.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Bukittinggi, Rina Devira, M.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dekan FBS Universitas Negeri Padang bersama tim yang telah bekerja sama dengan MGMP Bahasa Indonesia Kota Bukittinggi untuk kegiatan pengabdian dalam bentuk pelatihan untuk mengatasi permasalahan mitra (organisasi MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Bukittinggi, Sumatera Barat).

"Apalagi pada masa perkembangan teknologi digital ini, media pembelajaran guru di sekolah perlu dengan video pembelajaran buatan guru sendiri. Kegiatan pelatihan sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan yang memadai untuk membuat video belajar yang baik sesuai kebutuhan pembejalaran," tambah Rina Devira, M.Pd.

Rina Devira, M.Pd. bertekad hingga pelatihan tahap kedua nanti guru-guru anggota MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Bukittinggi berhasil membuat video pembelajaran secara bersama dengan lengkap dan akan dipublikasikan melalui kanal YouTube MGMP Bahasa Indonesia Kota Bukittinggi. (MR)