Featured

Universitas Negeri Padang Melaksanakan Pembukaan Pekan Seni Mahasiswa Kampus

Padang, fbs.unp.ac.id- Universitas Negeri Padang melaksanakan pembukaan Pekan Seni Mahasiswa Kampus (Peksimika). Kegiatan ini dilaksankan di ruang Teater Mursal Esten Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (06/9).

Ketua pelaksana yaitu Dr. Wahidul Basri, M. Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatar belakangi oleh kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2022 di Universitas Brawijaya Malang.

“Peserta dari peksiminas adalah kontingen tim dari setiap provinsi seluruh Indonesia, dimana tim dari setiap provinsi itu di siapkan oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Provinsi Sumatera Barat, nah dengan hal ini akan dilaksanakan Peksimida (Pekan seni mahasiswa daerah) antara tanggal 12-20 bulan ini. Dalam rangka menyiapkan tim UNP untuk ikut dalam Peksimida inilah kita laksanakan Peksimika yang insyaallah akan kita laksanakan selama dua hari yaitu 6-7 September tahun 2022” tambah Ketua Pelaksana Dr. Wahidul basri, M. Pd.

Lebih lanjut Ketua Pelaksana Dr. Wahidul Basri, M. Pd. menyampaikan kegiatan Peksimika ini di laksanakam pada beberapa tempat dan ruangan di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Kegiatan Peksimika ini terdiri dari 14 cabang yang akan di perlombakan.

Cabang-cabang lomba tersebut diikuti dengan total peserta 607 untuk cabang lomba individu dan 14 tim untuk cabang lomba yang menggunakan tim. Rincian dari masing masing cabang lomba tersebut meliputi menyanyi dangdut di ikuti oleh 51 orang, menyanyi pop 77 orang, menyanyi seriosa 4 orang, menyanyi keroncong berjumlah 7 orang, baca puisi berjumlah 105 orang, monolog 24 orang, menulis cerpen 80 orang, penulisan lakon 9 orang, penulisan puisi 98 orang, desain poster 51 orang, lukis 30 orang, komik street 12 orang, fotografi 59 orang, serta tari diikuti oleh 14 tim tari.

Selain itu, Wakil Rektor III Universitas Negeri padang Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si., Ph,D. menyampaikan agar setiap peserta memberikan penampila semaksimal mungkin untuk setiap rangkaian kegiatan. Peserta yang masuk ke tahap nasional dan mendapatkan juara maka dari pihak kampus akan memberikan insentif yaitu bebas uang SPP selama satu/dua semester tergantung juara yang di dapatkan.

“Harapan kami semua peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh sungguh walaupun waktu seleksi kita terbatas yaitu hari ini (6/9) dan besok (7/9) serta kami mengucapkan terimakasih kepada bapak ibuk juri yang terlibat pada kegiatan ini, ya walaupun peserta banyak, jumlah waktu yang tersedia sedikit dan tidak mengurangi kualitas penjurian. Mudah mudahan dengan sistim penjurian yang akan dilakukan ini tidak menimbulkan kekecewaan atau protes dari para peserta. Namun kami yakin dan percaya bapak ibuk juri yang terlibat dalam kegiatan ini adalah bapak ibuk yang berpengalaman dalam bidang seni apalagi ini langsung di pegang oleh Fakultas bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang.” Tambahan Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang Drs. Hendra Syarifuddin,M.Si.,Ph.D.