Featured

Bekali Keterampilan Menulis di Jurnal Bereputasi Internasional, Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Gelar Studium General

This image has an empty alt attribute; its file name is pend-basindo-s2.jpeg

Padang, fbs.unp.ac.id - Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang mengikuti kegiatan Studium General "Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi" pada Sabtu (17/9) bertempat di ruang sidang FBS Kampus UNP Air Tawar Padang.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Safnil Arsad, M.A. dari Universitas Bengkulu dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baik secara langsung maupun melalui zoom.

Pada kesempatan itu, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Dr. Havid Ardi, S.Pd., M.Hum. menyampaikan bahwa keterampilan menulis di artikel jurnal, terutama yang terindeks dan bereputasi internasional mutlak diperlukan mahasiswa. Oleh karena itu ia menyampaikan apresiasi atas program yang dilaksanakan Prodi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

"Harapan kami atas nama Pimpinan FBS Universitas Negeri Padang adalah mahasiswa harus menggali keterampilan dan ilmu dalam menembus publikasi ke jurnal terindeks bereputasi. Ini merupakan syarat kelulusan nantinya." harap Dr. Havid Ardi, S.Pd., M.Hum.

"Lebih lanjut kata Wakil Dekan I FBS UNP ini, publikasi internasional ini juga merupakan bagian program World Class University yang diselenggarakan oleh UNP. Publikasi ini juga menentukan Akreditasi Prodi nantinya. Jadi bukan hanya tanggung jawab Koordinator Prodi," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Koordinator Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prof. Dr. Syahrul R., M.Pd. menyampaikan bahwa program ini bagian dari rangkaian program yang dilaksanakan untuk percepatan penyelesaian studi dan publikasi mahasiswa.

"Sebelumnya, kita telah menyelenggarakan pelatihan penggunaan aplikasi referensi Mendeley dengan Dr. Havid Ardi, S.Pd., M.Hum., Wakil Dekan I FBS UNP, yang juga Mendeley Advisor Indonesia", jelasnya.

Kedepan kita masih akan menganggakat pelatihan lagi, pemanfaatan End Note, dengan Prof. Dr. Rahadian, M.Si. tambahnya.