Featured

Deputy Dean II FBS UNP, Prof. Indrayuda, Presented His Paper in Naples, Italy

PADANG - Vice Dean II of the Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Padang, Prof. Indrayuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D. presented his article entitled “The Fanaticism of Artists and Community towards Randai Art as a Minangkabau Cultural Identity.” The presentation was held on Thursday (30/5) at Sala De II Canto, Virgilio, Napoli, Italy.

When contacted by journalists of the beritaminang.com portal, Prof. Indrayuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D. explained that the fanaticism of the Minangkabau people towards their culture is by maintaining and developing Randai along with the times.

“Randai no longer plays in villages or in nagari, but in this digital era Randai can also be marketed online. To adjust to the flow of times in the 5.0 era and generation Z, Randai needs to adopt today's issues, and be packaged with the tastes of a universal audience market,” added Prof. Indrayuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D.

Selain menyajikan makalah, Prof. Indrayuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D. menyutradarai sebauh Petunjukan Randai dengan judul Kaba Malin Cahyo, yang bekerja sama dengan seniman asli tradisi dari Perguruan Seni Tradisi Singo Barantai. Pertunjukan Randai ini ditampilkan sebagai aplikasi dari hasil pemaparan makalah Prof. Indrayuda, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D. dan makalah atau artikel ini merupakan hasil riset di Universitas Negeri  Padang bersama tim riset Dosen Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang.

Kegiatan Prof. Indrayuda ini dibiayai oleh Assosiasi Tradisi Lisan Bekerjasama dengan Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Kegiatan di Napoli ini merupakan rangakaian pertama dari Tour Eropa Prof. Indrayuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D. bersama dengan Assosiasi Tradisi Lisan Indonesia dengan sponsor Dirjen Kebudayaan, selanjutnya tanggal 4 s.d. 10 Juni akan mengikuti serangkaian kegiatan Tradisi Lisan lainnya di Leiden Universiti Belanda dan juga rangakaian ketiga sebagai rangkaian kegiatan terakhir adalah mengikuti Sidang Warisan Budaya Tak Benda di Unesco di kota Paris Perancis dari tanggal 11-13 Juni 2024.

Universita' di Napoli Lrientale bekerjasama dengan Oral Traditions Association of Indonesia, dan Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia menggelar berbagai event kegiatan di Napoli Italia, baik berupa seminar dan workshop serta pertunjukan tradisi lisan dari kedua negara. Baik dari Universita' di Napoli Lrientale Department Asia, Africa and Mediterranean maupun dari Assosiasi Tradidi Lisan Indonesia. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 29 Mai s.d 2 Juni 2024 di Napoli Italya. (ET)

 

#reformasibirokrasi #zonaintegritas #fbsunpzonaintegritas

Sumber: https://www.beritaminang.com/